Sabtu, 05 April 2008

Koneksi Internet

Koneksi Internet dengan Modem HP CDMA Nokia & Kartu Starone

Ada banyak cara untuk bisa koneksi internet, salah satunya adalah dengan menggunakan ponsel sebagai modem. Untuk koneksi dengan ponsel saya anggap paling fleksibel karena kita bisa melakukan koneksi internet dimana saja, mau di rumah, kantor, jalan, atau di pertokoan. Cukup sambungkan ponsel dengan laptop, dial, langsung online.

Untuk koneksi dengan ponsel pun cukup banyak alternatif yang bisa digunakan, kecuali dari ponsel itu sendiri yang ada banyak merek dan serinya, juga banyaknya kartu gsm atau cdma yang bisa kita pakai.

Untuk tutorial di sini saya ingin menunjukkan cara koneksi internet dengan kartu CDMA Starone menggunakan modem Nokia seri 2865. Supaya lebih mudah dalam memahami saya akan lebih banyak menggunakan gambar sebagai media tutorial. Tutorial ini saya buat berdasarkan referensi dari berbagai sumber dan pengalaman saya sendiri.

Langkah 01, mempersiapkan peralatan dan software yang dibutuhkan, yaitu : ponsel nokia termasuk kabel datanya (disini saya pakai kabel data CA-53), driver modem (bisa didonlod di situs ponsel yang bersangkutan), dan kartu Starone (dengan pulsa yang memadai, untuk starone saldo harus di atas 5.500, jika saldo tepat atau dibawah 5.500 koneksi internet tidak bisa dilakukan).

Langkah 02, sambungkan ponsel dengan laptop atau pc, install driver kabel data dan driver modem (untuk nokia cukup install Nokia PC Suite, versi terbaru ada di situs Nokia).

Langkah 03, seting modem melalui control panel pilih icon ‘Phone and Modem’

Starone01

Langkah 04, pilih modem yang aktif (tersambung dengan laptop atau pc) setelah itu klik properties, kemudian pilih tab ‘Advanced’. Pada kolom Extra Setting – Extra initialization commands diisi dengan ‘at+crm=1;+cso=33’ (tanpa tanda petik).

Starone02

Starone03

Langkah 05, pilih tab Diagnostics dan klik ‘Query Modem’, tunggu hingga ada respon dari modem nokia.

Starone04

Langkah 06, pilih tab ‘Modem’, pada Maximum Port Speed pilih 115200. Sampai disini seting modem telah selesai, langkah berikutnya adalah melakukan seting koneksi internet.

Starone05

Langkah 07, buka windows ‘Network Connection’ pada ‘Control Panel’. Pilih ‘Create New Connection.

Starone06

Langkah 08, pilih ‘Connect to the Internet’ pada ‘Network Connection Type’ kemudian klik ‘Next’.

Starone07

Langkah 09, pilih ‘Set up my connection manually’ setelah itu klik ‘Next’

Starone08

Langkah 10, pilih modem yang telah kita seting sebelumnya di atas.

Starone09

Langkah 11, isi ‘ISP name’ dengan nama sesuai dengan keinginan Anda (misal: Starone).

Starone10

Langkah 12, isi Phone number dengan ‘#777’ (tanpa tanda petik).

Starone11

Langkah 13, isi ‘Username’ dengan ‘starone’ (huruf kecil tanpa tanda petik), ‘Password’ dengan ‘indosat’ (huruf kecil tanpa tanda petik), ulang lagi passord pada kolom ‘Confirm password’.

Starone12

Langkah 14, lakukan koneksi dengan klik ‘Dial’. Selesai

Starone13

Demikian tutorial ini dibuat semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Name:*

Email Address:*

Feedback: