Kamis, 28 Februari 2008

Membuat Efek Teks yang Cepat dan Mudah dalam Photoshop 5.5

Membuat Efek Teks yang Cepat dan Mudah dalam Photoshop 5.5


Dalam tutorial ini saya akan mengajarkan anda bagaimana membuat efek teks yang cepat dan mudah dengan menggunakan Photoshop's Layer Effects. Berikut langkah- langkahnya :

  1. Dalam Adobe Photoshop 5.5, klik File > New. Buat teks dengan menggunakan Type Tool. Dalam contoh ini saya menggunakan Bold Font
  2. Langkah berikut, gunakan Layer Effects. Anda bisa menemukan layer effects dengan klik Layer > Effects, atau dengan klik kanan di dalam windows pada ikon T dalam Layer Palette.

    Contoh pertama ini menggunakan Inner Shadow Layer Effect, menggunakan default settings. Lihat gambar 1 :

inner shadow

Hasil akhir :

Inner Shadows

Contoh kedua menggunakan default settings Inner Shadow Layer Effect. kemudian Bevel and Emboss Layer Effect lalu klik pada cek box Apply, untuk merubah default settings berikutnya. Lihat gambar 2 :

bevel and emboss

Pada Style saya set ke Inner Bevel, Depth di set ke 3 pixels, dan Blur di set ke 2 pixels. Akhirnya Drop Shadow Layer Effects telah diaplikasikan, dengan default settings dirubah ke Opacity 35 %, Distance ke 3 pixels dan Blur ke 2 pixels. Lihat gambar di atas.

Hasil akhir

Contoh ke tiga di bawah ini menggunakan Bevel and Emboss Layer Effects yang sudah diaplikasikan merubah default settings. Highlight Mode dirubah ke Normal, Opacity dirubah ke 100%, Style di set ke Pillow Emboss dengan Depth 3 pixels dan Blur 2 pixels. Lihat gambar 3 :

bevel and emboss

Terakhir, Drop Shadow Layer Effect diaplikasikan dengan default settings dirubah ke Distance 3 pixels dan Blur 2 pixels.

Hasil akhir

drop shadow

  1. Klik Image > Mode > Indexed dan save dalam format file gif.

Ingat, walaupun contoh yang saya demonstrasikan menggunakan fasilitas Type Tool, anda juga bisa menggunakan efek ini pada clipart, line art, atau logo. Layer Effects dapat diaplikasikan ke berbagai layer dalam Photoshop 5.5. Juga bisa antar layers dengan sempurna.

Tidak ada komentar:

Name:*

Email Address:*

Feedback: