Kamis, 28 Februari 2008

Tutorial Wordpress: Membuat Posting Baru

Wordpress merupakan salah satu bagian terkecil dari CMS yang jumlahnya ratusan dan sangat mudah digunakan, dalam waktu singkat Anda dapat mengelola blog sendiri. Mulai dari membuat posting, memasang plugin, me-manage komentar, hingga menampilkan statistik di halaman utama.

Jumlah plugin yang disediakan oleh oleh pihak ketiga sangat banyak, dan dikemas dalam beberapa kategori. Anda dapat mendownloadnya di beberapa situs penyedia plugin, diantaranya:

  1. wp-plugins.net
  2. codex.wordpress.org/Plugins

Dengan segala kerendahan hati, bukan bermaksud “mengajari” maupun “menggurui” Anda, artikel ini sengaja saya susun dengan tujuan barangkali ada beberapa rekan yang ingin membuat blog sendiri menggunakan wordpress tapi masih bingung bagaimana memulainya. Dan kita tahu, belum banyak buku yang membahas masalah ini. Mudah-mudahan tutorial ini bermanfaat. Amiin…


MEMBUAT POSTING

Sebelum membuat posting (menulis artikel) di blog Anda, sebaiknya mempersiapkan terlebih dulu artikel apa yang akan ditampilkan. Hal ini penting agar dapat memisahkan artikel-artikel tersebut menjadi beberapa kategor sehingga artikel lebih terstruktur dan nyaman untuk dibaca.

  1. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah masuk ke halaman Administrator, ketikkan alamat situs Anda, misal http://namadomain.net/wp-admin/ kemudian tekan Enter. Masukkan username dan password, lalu klik tombol Login.
    Halaman Login

  2. Setelah berhasil memasukkan username dan password Anda akan berada pada halaman administrator seperti nampak pada gambar berikut:
    Halaman Administrator

  3. Klik menu Write untuk membuat posting baru.
    Menu Write

  4. Tuliskan judul artikel pada kotak isian Title.
  5. Jika Anda ingin mengelompokkan artikel tersebut dalam kategori tertentu, masukkan kategori baru pada Tab Categories kemudian klik tombol Add.
    Categories

  6. Setelah muncul nama kategori baru, beri tanda centang dengan cara mengklik kotak kecil di bagian kiri. Secara default, Wordpress mengaktifkan Uncategorized untuk setiap artikel. Non aktifkan tanda centang pada Uncategorized.
    Categories

  7. Mulailah memasukkan beberapa artikel pada kolom yang telah disediakan.

MENYIMPAN POSTING
Artikel dalam blog Anda dapat disimpan sesuai kebutuhan. Jika artikel tersebut masih dalam status draft (dalam arti belum sempurna), Anda dapat mengaktifkan status Draft pada Tab Post Status.

  1. Pada Tab Post Status, klik tombol plus (+) untuk menampilkan menu yang tersembunyi.
    Post Status

  2. Klik combo box Draft untuk memilih status posting.
    Draft

  3. Klik tombol Save and Continue Editing jika ingin menyimpan artikel dan masih melanjutkan proses editing. Klik tombol Save jika ingin menyimpan artikel dan mengakhiri proses editing.
    Save

  4. Anda dapat pula mengatur waktu untuk posting tersebut, caranya klik tombol plus (+) pada Tab Post Timestamp.
    Post Timestamp

  5. Aturlah waktu yang diinginkan, setelah selesai aktifkan pilihan Edit timestamp.
    Post Timestamp

  6. Jika artikel Anda benar-benar sudah fix dan ingin ditampilkan di halaman utama situs Anda, aktifkan Published pada Tab Post Status.
    Published

Tidak ada komentar:

Name:*

Email Address:*

Feedback: