Kamis, 28 Februari 2008

Tutorial Animasi dengan Layers

Tutorial Animasi dengan Layers
Adobe Photoshop 5.5

Tahukah Anda bahwa anda bisa mengconvert layers ke frames animasi dalam Adobe® Photoshop® Elements 2.0 . Ini merupakan pekerjaan yang mudah untuk membuat animasi yang berkualifikasi profesional yang bisa anda lihat di web browser. Tutorial kali ini adalah bagaimana membuat dan mengoptimalkan sebuah animasi web dari sebuah file multilayer Photoshop Elements (PSD).

  1. Siapkan layers di Adobe Photoshop Elemen
    Open file > "jumpman.psd" yang ada di folder Tutorial didalam Adobe Photoshop Element pada folder aplikasi. Buka Layers Palette. Perhatikan bahwa file tsb mempunyai multiple layer dengan thumbnail tiap layer yang menunjukkan sebuah gambar dalam berbagai adegan. Ketika layers ditampilkan sebagai frames animasi yang berurutan, gambar akan muncul dan bergerak. Tiap perintah layers menunjukkan bagaimana gambar muncul dan bergerak. Layers yang paling awal dalam layers palette menjadi frames yang pertama dalam animasi ketika anda convert layers ke frames.

  1. Buka Save untuk web dialog box
    Sekarang anda convert layers ke sebuah format animasi GIF

    Choose File > Save for web. Pada kolom setting, pilih optimasi GIF dan select pada animation option



  2. Aturlah pada Animation Options
    Pilih lah apakah format file animasi tsb akan di loop [berulang-ulang] atau tidak. Kemudian masukan nilai untuk Frame Delay untuk menunjukkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk melewati tiap frames. Delay [penundaan frame sebelum melangkah ke frame berikut] dalam detik, jadi nilai 0.25 menunjukkan seperempat detik.

  3. Preview file animasi GIF dalam Save For Web dalam kotak dialog
    Anda bisa preview file animasi anda secara frame demi frame dalam kotak dialog Save For Web. Klik pada frame, dan select buttons untuk bergerak maju dan mundur animasinya.


  4. Preview file animasi GIF di sebuah browser
    Anda bisa juga preview animasi anda dalam sebuah browser dengan memilih sebuah browser dari Preview dalam Pop-up menu. Sebagai tambahan ke animasi GIF, browser akan menampilkan html code dan informasi seperti format, size, dan settings.


  5. Sesuaikan animasi anda
    Jika anda membutuhkan perubahan pada frames animasi anda, klik Cancel untuk menutup kotak dialog Save For Web. Anda bisa menambahkan, menghapus, merubah atau memindah layers untuk membuat efek animasi sesuai yang anda inginkan.

  6. Simpan animasi web yang sudah anda buat.
    Untuk menyimpan animasi anda, klik OK dalam kotak dialog.

    Photoshop Elements converts layers anda ke frames dan disimpan dalam sebuah format file GIF. Sekarang anda bisa melihat hasil animasi GIF dalam sebuah browser
    .


Tidak ada komentar:

Name:*

Email Address:*

Feedback: