Rabu, 19 Maret 2008

Animasi Bergerak

Animasi Bergerak

Sekarang Anda akan mempelajari jenis animasi yang paling sederhana, yaitu benda bergerak. Pertama-tama seperti biasa, gambarlah sebuah bangun.

Kemudian ubahlah objek tersebut (dalam hal ini segitiga itu) menjadi symbol graphic. Kemudian, klik frame 20 pada timeline di layer tersebut, dan masukkan sebuah keyframe (F6).

Klik pada frame 20. Pindahkan gambar segitiga itu ke mana saja.

Setelah itu klik kanan pada timeline di mana saja di antara frame 1 dan frame 20 pada layer segitiga itu, dan pilih 'Create Motion Tween'.

Hasilnya adalah seperti ini.

Download Fla (17.5kb)

Animasi Rotasi dan Berskala

Ini adalah salah satu animasi favorit saya, dan saya gunakan dalam situs pribadi saya. Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana membuatnya, padahal sangatlah mudah. Mari saya tunjukkan! Pertama buatlah objek yang ingin Anda animasikan. Dan jangan lupa untuk mengubahnya ke dalam symbol graphic.

Kemudian seperti tadi pada Animasi Bergerak, buat sebuah keyframe di frame 20, dan 'Insert Motion Tween' di antara frame 1 dan 20. Klik Window>Inspectors>Transform, dan window di bawah ini akan muncul. Klik frame 20 dan pilih symbol yang akan Anda animasikan. Masukkan 400 pada scale, dan 180 pada rotate.

Beginilah hasilnya.


Download Fla (13.0kb)

Animasi Warna

Animasi warna sering digunakan untuk efek cahaya. Misalnya tulisan yang muncul dengan tiba-tiba. Oleh karena itu kali ini kita gunakan tulisan sebagai contohnya. Buatlah tulisan seperti di bawah ini, kemudian ubah menjadi symbol graphic.

Masukkan keyframe dalam frame 20 dan frame 40. 'Insert Motion Tween' di antara kedua frame tersebut. Klik frame 20, kemudian klik dua kali pada objek yang bersangkutan. Window 'Instance Properties' akan muncul. Klik tab 'Color Effect'. Kemudian pilih 'Tint' dari menu dropdown. Pilih warna merah, dan set 'Tint Amount' sampai maksimal. Klik 'OK'.

Klik pada frame 40, kemudian klik dua kali pada objek yang bersangkutan. Pada tab 'Color Effect', pilih 'Alpha' dari menu dropdown, dan set pada 0%. Alpha ini berguna untuk efek transparansi.

Hasilnya seperti ini. Tulisan dari hitam berubah perlahan menjadi merah (efek 'Tint' warna merah 100%), lalu menghilang (efek 'Alpha' 0%).


Download Fla (12.0kb)

Animasi Dengan Jalur

Ini adalah salah satu animasi yang sangat berguna, tapi jarang digunakan orang. Seperti biasa ciptakan suatu objek dan ubahlah menjadi symbol graphic.

Sisipkan keyframe pada frame 20, serta 'Insert Motion Tween' di antara frame 1 dan frame 20. Klik kanan pada nama layer dan pilih 'Add Motion Guide'. Akan muncul layer baru.

Klik pada layer baru ini dan gambar jalur animasi Anda. Kita akan membuat objek tersebut bergerak menurut jalur ini. Gunakan tool pencil.

Pilih tool select, pastikan opsi 'Snap' menyala.

Klik pada frame 1. Kemudian drag objek pada ujung jalur animasi.

Klik pada frame 2. Kemudian drag objek pada ujung lain jalur animasi.

Bila Anda melakukan dengan benar, beginilah hasilnya.


Download Fla (18.5kb)

Animasi Bentuk

Animasi bentuk sedikit berbeda dari animasi lainnya karena sebelum dianimasikan, objek tidak perlu diubah menjadi symbol. Mari kita coba. Gambar sebuah bentuk, tapi jangan diubah menjadi symbol.

Masukkan keyframe pada frame 20. Klik frame 20. Modifikasi objek Anda dengan tool select. Caranya yaitu dengan klik serta drag bagian tepi dari objek Anda.

Klik dua kali di mana saja pada timeline di antara frame 1 dan frame 20. Akan muncul window Frame properties. Klik pada tab 'Tweening', kemudian pilih 'Shape Tweening' dari dropdown menu.

Hasilnya seperti ini.


Download Fla (8.0kb)

Masking

Sebelum saya menerangkan cara membuat efek masking, Anda tentu harus tahu apa tujuan efek masking ini. Seperti namanya, efek masking berguna untuk menutupi sebagian dari movie. Oh, masih tidak mengerti? Mari kita lanjutkan latihan. Kali ini kita akan membuat masking tulisan. Buatlah tulisan seperti biasa. Anda tidak perlu mengubahnya menjadi symbol kecuali bila Anda ingin menganimasikannya.

Klik pada frame 20 dan 'Insert Frame' (F5). Klik pada nama layer, kemudian Insert>>Layer, atau 'Add Layer' untuk membuat layer baru di atas layer tulisan tadi. Klik kanan pada nama layer baru tersebut, dan pilih 'Mask'.Anda tentu melihat bahwa layer baru tersebut menjadi terkunci. Klik pada icon gembok untuk membuatnya dapat diedit lagi. Ingat bahwa objek yang akan di mask harus langsung berada di bawah layer mask.

Klik frame 1 pada layer mask, kemudian gambar sebuah lingkaran. Ubahlah lingkaran itu menjadi symbol graphic.

Kemudian 'Insert Keyframe' pada frame 20, dan geser lingkaran tersebut ke sisi kiri. Jangan lupa untuk 'Create Motion Tween' antara frame 1 dan 20.

Ini akan menghasilkan efek spotlight.

Download Fla (26.5kb)

*Catatan Tambahan*
Objek apapun yang ada dalam layer mask tidak akan tampak sebagaimana mestinya. Objek tersebut akan terlihat seperti lubang pada layer, yang memperlihatkan layer di bawahnya.

Tidak ada komentar:

Name:*

Email Address:*

Feedback: